Social

Thursday, February 2, 2012

Kamitetep

Tetep ngapain?

Setelah bertahun mencari akhirnya ketemu juga nama barat binatang kuwaci ini, yang orang Jawa bilang Kamitetep (tetep ngapain?). Ya, binatang ini bisa kita temui menempel di dinding atau tempat-tempat yang lembab.
sumber: entnemdept.ufl.edu



Kamitetep (tetep ngapain?), merupakan larva dari sejenis ngengat yang bahasa biologinya adalah Phereoeca uterella, yaitu sejenis ngengat dalam family Tineidae. Orang Amrik nyebutnya household casebearer. Katanya om wikipedia, ngengat ini yang betina berperawakan lebih besar daripada yang jantan, dengan rentang sayap yang betina hingga 13mm sedangkan jantan lebih langsing dengan rentang sayap sampai 9mm. Betina ngengat ini kalau bertelur bisa sampai 200 butir berwarna biru pucat di tempat-tempat yang terlindung.

Larva ngengat ini membuat sebuah wadah pelindung dari sejenis sutra dengan campuran bahan lain seperti tanah dan pasir untuk kamuflase. Berbentuk menyerupai biji labu, atau biasa kita sebut kuwaci. Wadah ini mempunyai "pintu" dua arah, sehingga larva dapat berbalik arah melalui dalam wadah. Sepertinya makanan pokok dari spesies ini adalah benang sutra, terutama dari jaring laba-laba, termasuk juga bekas wadah ngengat lainnya. Disebutkan juga bahwa mereka memakan kain wol sehingga bisa disebut sebagai hama rumah tangga.

Bulu Gatal
Kamitetep (tetep ngapain?) dapat menyebabkan gatal-gatal tak terkira ketika bulu binatang ini menyengat kulit manusia. Bahkan kalau digaruk bekasnya akan menghitam, bukan memerah, katanya sih sampe berhari-hari. Ciri-cirinya biasanya seperti ini:
  1. Langsung terasa gatal dan kemerahan
  2. Beberapa saat ada bentolan dan bintil kecil yang mengandung air
  3. Terasa seperti ada duri kecil yang membuat sengkring-sengkring bila digaruk
  4. Kalau sudah digaruk, rasanya tidak mau berhenti untuk menggaruknya
  5. Dalam jangka waktu lama, apabila digaruk kulit tersebut akan berwarna kehitaman dan sulit untuk dihilangkan
Secara tradisional, ada berbagai cara pengobatan:
  1. Pake lakban yang ditempelkan pada bulu yang menempel tersebut, pastikan merekat kuat dan kemudian lepaskan lakban tersebut. Kalau masih terasa sengkring-sengkring, ulangi dengan menggunakan lakban baru, karena yang udah kepake daya rekatnya kurang, sampai rasa sengkring-sengkring tersebut hilang. Cara ini khusus jika bulu Kamitetep (tetep ngapain?) menyengat di daerah kulit yang tidak berambut (daripada rambut Anda ikut tercabut :p)
  2. Ditempeli kapas yang sudah dicelup minyak tanah
  3. Ditempeli kapur sirih yang sudah dilarutkan air
Semoga bermangfaat

Sumber:
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Phereoeca_uterella/
  • http://kamitetep.blogspot.com/

9 comments:

  1. thx infonya y, tahu info cara membasmi tuntasnya g? soalnya..rumah dr tembok sampe lantai dah di bersihin tiap hari,binatangnya masihhh aja ga abis2

    ReplyDelete
  2. Dirumahku banyak tp rasanya kami blum pernah terkena.

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya ya.. saya justru lagi kepusingan karena anak saya udah 5 hari yll digigit tetep dan sekarang bentolnya makin gede,makin item, dan makin sakit. kalau udah gini masih mempan gak ya dikasih kapas minyak tanah atau kapur sirih? Kalo ada saran please info ya...thanks.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Pengalaman : Alhamdulillah kamitetep hilang pake Salep Benoson-N beli aja di apotik

    ReplyDelete
  6. Kalo kamitetep pada mata penyebabnya apa ya?

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah... akhirnya dapat jalan keluar mengatasinya .. rasa gatalnya ugh banget...

    ReplyDelete