Social

Sunday, June 12, 2011

Terminologi Sederhana SEO

Hal mendasar yang harus diketahui adalah bahwa SEO merupakan sesuatu yang kompleks, sangat kompleks. Ada orang-orang yang tahu apa yang mereka lakukan dan ada yang tidak. Tulisan ini tidak memberikan pengertian yang menyeluruh kepada Anda (sehingga saya merekomendasikan Anda untuk menggaji seorang profesional), tapi tulisan ini bisa menjadi suatu awal yang bagus bagi Anda untuk memulai dan mengerti apa yang dapat Anda lakukan.

SEO secara singkat dapat dibagi menjadi dua, onsite dan offsite. Onsite sangat mudah dilakukan dan merupakan hal pertama yang harus Anda fokuskan. Offsite lebih sulit dilakukan dan akan menjadi perhatian Anda di kemudian hari.

Onsite

Pertama-tama adalah buatlah daftar frase kunci yang akan Anda rangking pada search engine, biasanya terdiri atas 2 - 5 kata. Anda harus realistis untuk tidak berfikir bahwa situs Anda akan dirangking dengan kata kunci "jewelry" (yang membuat Anda bersaing dengan situs Jared, Tiffany, Kay, dan lain-lain). Tapi Anda dapat menggunakan frase seperti "vintage typewriter jewelry". Jadi, pastikan untuk melakukan sesuatu yang masuk akal bagi Anda untuk bersaing, dan pastikan untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak masuk akal bagi Anda untuk bersaing.
Saya merekomendasikan anda menggunakan Google's Adwords Keyword Tool untuk melakukan riset tentang frase yang akan Anda gunakan. Hasil pencarian yang mempunyai traffic yang lebih banyak tentunya menjadi pilihan yang lebih baik. Namun perlu diingat siapa saja yang bersaing dengan Anda pada frase tersebut, dan Anda harus bertanya pada diri sendiri "apakah ada klien yang menggunakan frase pencarian ini?". Dan tetaplah berfikiran terbuka. Lihat apa yang disarankan oleh google berkaitan dengan frase yang Anda buat. Ingat, bahwa Anda mempunyai pengetahuan lebih baik tentang produk Anda daripada klien Anda, yang berarti bahwa klien Anda akan melakukan hal yang berbeda dengan apa yang Anda lakukan terhadap pencarian kata.
Anda juga perlu memahami apa yang disebut dengan kluster frasa kunci. Misalnya, saat kita mencari "Vintage Typewriter Jewelry", google menyatakan bahwa frase tersebut dicari sebanyak 140 kali, nggak banyak. Namun, kita dapat melihat bahwa "Vintage Key Jewelry" dicari sebanyak 880 kali tiap bulannya (sekitar tujuh kali lebih sering). Sedangkan frase "Vintage Typewriter Key Jewelry" dicari sebanyak 91 kali tiap bulannya, sehingga kita dapat langsung melihat kluster kata kunci. Sehingga untuk tiga frase berbeda yang pada dasarnya memiliki arti yang sama, kita dapat membidik ketiganya sekaligus. Bagaimana? Yah, kita menggunakan kesemuanya secara inklusif dalam frase "Vintage Typewriter Key Jewelry". Perhatikan:
  • Vintage Typewriter Key Jewelry = Vintage Typewriter Key Jewelry dicari 91 kali per bulan
  • Vintage Typewriter Key Jewelry = Typewriter Key Jewelry dicari 880 kali per bulan
  • Vintage Typewriter Key Jewelry = Vintage Key Jewelry dicari 140 kali per bulan
sehingga dengan menggunakan satu frase saja, Anda dapat membidik ketiganya secara bersamaan. Search engine dapat mengerti bahwa seseorang yang mencari "Vintage Typewriter Jewelry" mungkin juga tertarik dengan "Vintage Typewriter Key Jewelry".
Hal ini memang membutuhkan sedikit waktu, bukan waktu yang banyak. Dibutuhkan untuk meluangkan waktu dalam membuat sebuah daftar frasa kunci (atau kluster kata kunci). Tapi ingat... hal tersebut akan terbayar.
Jadi, setelah Anda mendapatkan daftarnya, kapan dan dimana Anda menggunakannya? Jawabannya singkat, dimana-mana. Hanya saja, Anda tidak perlu meletakkan "tetek bengek kata kunci" pada tempat yang pada dasarnya tidak diperlukan, tetapi gunakanlah di tempat yang memang dibutuhkan dan berkaitan. Pada artikel Anda, pada deskripsi produk Anda, bahkan pada posting yang Anda buat pada situs lain. Frase tersebut merupakan frase yang merujuk pada Anda, maka tunjukkan diri Anda.

Offsite

Offsite adalah hal yang Anda sulit untuk mengontrolnya. Pada dasarnya adalah ada situs lain yang memasang link ke situs Anda. Ini disebut dengan "inbound link" yang merupakan nilai tambah bagi search engine untuk secara langsung merangking otoritas Anda pada frase apa pun yang diberikan. Umumnya, untuk mendapatkan inbound link cukup mudah. Kadangkala situs lain akan menampilkan link ke situs Anda meskipun mereka baru mengenal situs Anda. Meminta adalah cara yang sederhana dan efektif. Tapi perlu diingat, membeli sebuah inbound link akan membuat Anda terkena penalti dari search engine. (Saya tidak bisa menjelaskan yang lebih baik dari ini: Jangan pernah membeli inbound link!)
Cara paling sederhana yang menjelaskan hal ini adalah: sebuah inbound link akan menjadi berharga lebih jika berasal dari situs yang memiliki konten yang serupa dengan situs Anda. Dan berharga lebih lagi jika situs tersebut memiliki satu atau lebih frase yang menjadi frase kunci Anda. Misalnya “Saya habis membaca terminologi sederhana SEO, klik disini. Akan menjadi lebih baik jika ditampilkan "Saya habis membaca terminologi sederhana SEO"
Hal yang dapat dilakukan untuk membantu koleksi link adalah:
  • Pertama dan yang utama adalah Anda harus membuat konten yang bagus dan menarik. Jika orang lain membaca artikel bagus pada situs Anda, orang tidak akan segan-segan memampilkan link ke situs Anda pada situs mereka. Dapat dikatakan bahwa ini adalah sesuatu yang sangat diperlukan untuk Anda lakukan. Jika Anda mendapatkan sesuatu yang bermanfaat pada artikel ini, ingatlah kualitas konten adalah kuncinya.
  • Melakukan pendekatan pada situs yang usernya mungkin tertarik pada situs Anda, dan mintalah sebuah link. Pastikan Anda meminta dengan spesifik dan tidak memaksa, sehingga hal terburuk yang bisa mereka lakukan adalah menolak.
  • Aktiflah pada situs lain dan menampilkan backlink. Maksud saya benar-benar aktif, bukan hanya sekedar nongol menampilkan backlink, karena hal tersebut dapat dikategorikan sebagai spam. Bukan hanya ditolak, tapi Anda akan ditandai sebagai spammer.
  • Situs lain juga mengininkan konten pada tempat mereka, maka pertimbangkan untuk melakukan posting di situs lain sambil membuat backlink ke situs Anda.
Ini bukan panduan definitif yang lengkap, tapi semoga cukup untuk membantu Anda tidak hanya memulai dari mana, tetapi juga kemana.

sumber: http://xavisys.com/search-engine-optimization-seo-in-simple-terms/

No comments:

Facebook Blogger Plugin: Bloggerized by AllBlogTools.com Enhanced by MyBloggerTricks.com

Post a Comment